Diberdayakan oleh Blogger.

Ketahui Manfaat Pemberian ASI Ekslusif Bagi Bayi dan Ibu

Ketahui Manfaat Pemberian ASI Ekslusif Bagi Bayi dan Ibu - Tahukah bunda jika bayi sebaiknya diberikan Air Susu Ibu (ASI) saja dengan cara eksklusif tidak dengan tambahan makanan lainnya selama 6 bula. Pemberian ASI ekslusif dinilai sangat baik untuk menunjang pertumbuhan bayi dan sangat berpengaruh terhadap prilakunya kelak. Pemberian ASI juga secara bertahap akan di dampingi dengan makanan pendamping ASi pilihan yang dapat membantu dalakm perkemnbangan bayi.
Bahkan baru-baru ini hasil penelitian di Oxford University Inggris menunjukkan sebuah pertalian yang jjelas antara pemberian ASI bersama penurunan hambatan perkembangan dan tingkah laku pada anak. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal ilmiah kesehatan Archives of Disease in Childhood.



Manfaat ASI ekskusif Untuk Bayi 
Manfaat memberikan ASI ekslusif pada bayi yaitu untuk mengurangi resiko berbagai penyakit pada saat tumbuh dewasa. Sebuah penelitian menyebutkan jika bayi yang di berikan ASI ekslusif dapat mengurangi resiko terhindar dari penyakit obesitas, hipertensi, juga diabetes tipe 2 pada saat dewasa.

Tidak hanya itu sebuah penelitian juga menyebutkan jika bayi yang di berikan ASI ekslusif  lebih baik hasil tes intelegensia jika dibandingkan dengan bayi yang di berikan susu formula.Untuk para ibu tentunya tidak ada salahnya memberikan sesuatu yang lebih baik untuk buah hati tercinta bunda.

Berikut ini beberapa manfaat ASI untuk bayi:

  • ASI sangat mudah di cerna dan di serap bayi sehingga sangat bagus untuk sistem pencernaannya yang belum sempurna
  • ASI menjadi sumber nutrisi terbaik untuk perkembangan bayi
  • ASI membuat bayi lebih cerdas dan sehat
  • ASI menjadi sumber makanan alami yang dapat menjadi antibodi terbaik
  • ASI selalu ada pada suhu yang tepat sehingga tidak akan membuat suhu bayi menjadi terlalu dingin atau panas.
  • Secara alami komposisi dan volume ASI sudah di sesuaikan dengan keperluan bayi
  • ASI menjadi makanan terbaik bayi sampai dengan usia 6 bulan yang tidak mengganggu sistem pencernaanya.
  • Pastikan bunda memberikan ASI minimal sampai usia bayi 6 bulan dan jangan memberikan tambahan makanan apapun untuk menhindari frekuensi bayi menyusu menurun.

Manfaat ASI Ekslusif Buat Ibu 

Tidak hanya untuk bayi ternyata memberikan ASI ekslusif memiliki manfaat yang sangat baik untuk ibu. Pada saat pasca persalinan ibu mengalami pendarahan dapat dibantu dengan pemberian ASI ekslusif tidak hanyaitu pemebrian ASI juga dapat mempercepat pengecilan rahim.

Manfaat ASI eksklusif dapat menolong dalam mengembalikan badan ibu sesudah hamil. Bersama kegiatan menyusui sehingga timbunan lemak pada badan ibu dapat dipergunakan untukt mencetak ASI maka berat tubuh ibu dapat kembali stabil 

Adapun ikatan batin antara ibu dan anak bakal lebih terjaga karena itu ibu bisa sangat mudah mengekspresikan kasih sayang pada anaknya. Bersama begitu ikatan batin makin kuat. Pemberian ASI ekslusif juga dapat mempercepat pemulihan kesehatan ibu setelah melahirkan.

Manfaat lainnya yaitu dapat mengurangi resiko kanker payudara dan pun kanker ovarium. Tidak Sedikit penelitian yang dilakukan untuk mengamati korelasi antara infertilitas dan  tak menyusui hasilnya dapat meningkatkan resiko kanker baik kanker payudara ataupun kanker ovarium.

0 Responses to “Ketahui Manfaat Pemberian ASI Ekslusif Bagi Bayi dan Ibu”

Posting Komentar