Diberdayakan oleh Blogger.

Makanan Yang Di Rekomendasikan Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Makanan Yang Di Rekomendasikan Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama - Memilih makanan untuk ibu hamil trimester awal tentunya harus lebi jeli dan teliti. Makanan sehat dan terbaik untuk ibu hamil muda memang harus di pilih yang alami karena akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan janin kedepannya. Berhati-hati dalam memilih makanan diwaktu kehamilan pula dapat menopang kondisi sang ibu, seperti dapat mengurangi morning sickness dan mencegah lelah berlebihan yang rata-rata dialami pada awal kehamilan. Tidak hanya itu, pemilihan makanan yang sehat pun akan sangat baik untuk menghindari bayi lahir cacat dan keguguran.

Pada masa awal kehamilan trimester pertama dinilai lebih mudah rentan dan beresiko mengalami gangguan kesehatan. Maka dari itu pemilihan makanan terbaik dan sehat sangat berperan penting. Sebuah penelitian menyebutkan jika keguguran mayoritas terjadi pada awal kehamilan dan tidak sedikit penyebab keguguran itu dari makanan.
Kehamilan menjadi salah satu momen yang paling ditunggu untuk setiap pasangan suami istri yang telah menikah. Tentunya pada saat hamil rasa bahagia pasti tidak dapat terbendung. Mempunyai bayi lucu yang sehat juga cerdas menjadi dambaan setiap orang tua. Dan hal tersebut berawal dari bagaimana anda merawat kehamilan pada trimester awal. Dan aspek makanan teramat berperan dalam hal ini. Ada kategori makanan yang tidak disarankan bagi ibu hamil, bahkan ada yang dilarang sama sekali, berikut ini adalah bermacam macam jenis makanan yang disarankan untuk ibu hamil trimester awal.

Sayuran 
Gejala mual dan muntah memang sewajarnya dialami oleh ibu hamil saat trimester pertama. Gejala yang pula dinamakan dengan morning sickneess ini sebenarnya dapat dikurangi dengan menkonsumsi sayur-sayuran hijau. Bahkan kandungan zat besi yang ada pada sayuran tersebut tidak cuma dapat menghilangkan rasa mual, namun pula dapat menopang badan memproduksi hemogloin yang dapat mencegah anemia yang kadang muncul pada saat hamil. 

Sayuran hijau banyak mengandung nutrisi yang sangat baik untuk janin, salah satunya asam folat. Zat ini sangat baik untuk pembelahan dan pertumbuhan sel. Sehingga sangat baik untuk mencegah janin lahir cacat. Beberapa sayuran hijau yang banyak mengandung asam folat yaitu bayam, asparagus, brokoli, dan sawi. 

Buah 
Buah-buahan segar menjadi makanan yang sangat bagus untuk ibu hamil 1 bulan. Pada masa kehamilan hindari untuk mengkonsumsi buah kalengan yang banyak mengandung pengawet, usahakan untuk memilih buah segar. Kandungan nutrisi pada buah-buahan memang memiliki manfaat yang sangat baik untuk ibu hamil salah satunya dapat mengatasi sembelit yang sering di rasakan pada saat hamil. Kandungan serat pada buah-buahan segar inilah yang dapat membantu mengatasi sembelit saat hamil trimester awal. Tidak hanya untuk ibu saja, manfaat buah juga sangat baik untuk janin, buah segar dapat menjadi ladang nutrisi yang sangat baik untuk perkembang janin . Beberapa pilihan buah-buahan segar yaitu apel, jeruk, pisang, alpukat, anggur, kurma, tomat dan lainnya. Sedangkan buah yanng dilarang ialah durian, nanas, delima, dan pepaya muda.

Produk Olahan Susu 
Ibu hamil pula disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak produk olahan yang terbuat dari susu. Seperti kita ketahui bahwa pertumbuhan sel membutuhkan protein, termasuk juga untuk pertumbuhan janin yang teramat pesat maka sang ibu sangat membutuhkan asupan protein. Sehingga dari itu mengkonsumsi bermacam macam kategori olahan susu ialah salah satu jalan paling baik buat memperoleh asupan protein yang lumayan banyak. 

Sereal 
Makanan bagi ibu hamil trimester awal yang berikutnya yaitu sereal. Pada pagi hari tidak sedikit ibu hamil yang mengalami rasa mual dan muntah. Tentunya hal tersebut membuat sang ibu sulit untuk menerima asupan makanan. Oleh karena itu sereal menjadi pilihan yang sangat tepat sebagai menu sarapan untuk ibu hamil. Segreal dapat menekan rasa mual dan membangkitkan nafsu makan. Sereal mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan ibu dan perkembangan janin. Nutrisi yang terkandung dalam sereal antara lain karbohidrat, vitamin B. kalsium, dan bermacam macam mineral lainnya. Sereal yang terbuat dari gandum utuh pula mempunyai kandungan energi yang pass untuk menambah energi ibu hamil  serta kandungan seratnya berperan untuk melancarkan pencernaan. 

Kacang-kacangan 
Kacang-kacangan yaitu sumber protein nabati dan mineral, maka sangat tepat menjadi makanan bagi ibu hamil trimester awal. Berbagai jenis kacang-kacangan pula mengandung lemak tidak jenuh maka berguna untuk energi dan mempermudah dalam proses metabolisme. Protein dalam kacang-kacangan sangat bermanfaat sebagai zat pembangun badan, berperan dalam memperbaiki sel-sel yang rusak &dan dapat memperbaiki sel, juga sangat berperan aktif dalam pembentukan dan pertumbuhan sel janin.

0 Responses to “Makanan Yang Di Rekomendasikan Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama”

Posting Komentar