Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Mengatasi Bayi Yang Sering Kentut Secara Cepat

Cara Mengatasi Bayi Yang Sering Kentut Secara Cepat - Tahukah bunda jika bayi mengeluarkan gas sebanyak 13 sampai 21 kali. Senakin banyak bayi makan dan menangis maka akan semakin banyak pula udara yang masuk kedalam perut. Gas yang terjebak di dalam perut bayi tentunya menyebabkan beberapa gangguan pada bayi. Gejala yang sering timbul selain sering kentut, perut mengeras, sering bersendawa, perut buncut, gangguan tidur, sembab, rewel dan sering menangis. Bahkan bayi usia 3 sampai 6 bulan sangat rentan terkena masalah yang berkaitan dengan gas.

Tentunya kondisi tersebut membuat para ibu merasa khawatir, dan tidak sedikit para ibu yang merasa bingung untuk mengatasi bayi yang sering kentut. Namun bunda jangan khawatir beberapa tips berikut ini bisa membantu bunda untuk mengatasi bayi yang terlalu sering kentut. Tentunya aman dan efektif.

Menepuk punggung bayi
Bunda dapat menepuk punggung bayi secara perlahan dan lembut. Lakukan hal tersebut setidaknya 3 sampai 5 menit untuk mengurangi akumulasi gas di dalam saluran pencernaan bayi bunda.

Pakai minyak telon
Mengoleskan minyak telon pada area perut bayi dapat membuat bayi lebih hangat dan nyaman. Tentunya pada saat bayi terlalu sering mengeluarkan gas sering di sertai dengan menangis dan rewel. Untuk mengurangi kerewelan sang buah hati, bunda dapat mengoleskan minyak telon dengan di barengi pijatan lembut. Pijatan lembut di area perut bayi dapat membantu mempermudah gelembung gas yang berada pada sistem pencernaannya. 

Biarkan bayi bersendawa
Bayi yang sering bersendawa dapat merasa nyaman ketika ia bersendawa. Serdawa dapat membantu mengeluarkan gas yang terjebak di dalam perut melalui mulut. Bunda juga dapat membuat bayi bersendawa dengan cara menegakkan bayi pada posisi menyusui.

Olahraga ringan
Tidak hanya orang dewasa saja, bayi pun bisa mendapatkan manfaat dari olahraga. Namun olahraga untuk bayi di pilih yang ringan. Tahukah bunda jika olahraga ringan untuk si mungil dapat memudahkan terbuangnya gas dari dalam perut. Gerakan kaki bayi secara perlahan dengan gerakan seperti mengayuh sepeda. Olahraga ringan ini dapat mendorong gelembung-gelembung udara ke luar lewat usus. Lakukan olahraga ringan tersebut secara rutin setiap hari.

Cegah bayi menelan udara berlebih
Untuk mecegah udara masuk berlebih memberikan makan sebelum bayi menangis menjadi pilihan yang tepat. Di saat bayi menangis karena lapar maka si bayi lebih banyak menelan udara yang mengakibatkan perutnya menjadi kembung. Posisi menyusui pun harus di perhatikan kepala bayi sedikit ditegakkan agar mempermudah susu mengalir tidak tersendat ke dalam perutnya. Untuk bayi yang menyusu lewat botol pastikan bunda memilih botol dengan lubang dot yang pas tidak terlalu lebar dan tidak terlalu kecil.

Menggunakan obat penghilang gas
Jika hal diatas tidak membantu maka bunda dapat memberikan obat penghilang gas untuk menjgurangoi udara hyang terjebak di dalam perut si bayi. Konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

0 Responses to “Cara Mengatasi Bayi Yang Sering Kentut Secara Cepat”

Posting Komentar